Liga Asosiasi Akademi Futsal Indonesia (AAFI) ke-VIII Regional Depok resmi digelar. Sebanyak 18 akademi atau sekolah futsal yang terdiri dari 12 putra dan 6 putri kategori usia 16 tahun turut serta dalam kompetisi tersebut.

Ketua AAFI Kota Depok, Agus Salam berharap agar seluruh pemain bisa mengedepankan sikap sportivitas, baik di dalam maupun luar pertandingan dan siap menerima hasil pertandingan, menang ataupun kalah.

“Menang atau kalah adalah hal yang biasa. Karena pada dasarnya, pemain itu suatu waktu bisa ketemu di liga atau turnamen lain,” ujar Garay sapaan akrab Agus Salam saat membuka liga di Kebon Coding, di Jalan H.M. Tohir, Gang Poncol, Kelurahan Pondokcina Beji, Kota Depok.

Ia menambahkan, kegiatan liga akan dilangsungkan selama dua bulan kedepan. Hal itu ditandai dengan pemotongan tumpeng.

“Sistem pertandingan di liga ini adalah full kompetisi. Setiap tim yang merupakan akademi atau sekolah futsal akan bertanding dengan seluruh tim, dengan sistem dua kali ketemu (home and away). Setiap pekan diadakan 15 pertandingan dan akan berakhir pada 14 November 2021. Peserta bukan hanya dari Depok, namun juga wilayah lain, seperti Jakarta dan Bogor,” katanya.

Untuk para juara, sambungnya, akan mendapatkan hadiah berupa tropi, sertifikat dan perlengkapan latihan, seperti jersey, rompi, kun, hingga bola. Tim yang juara juga bisa mengikuti liga di tingkat nasional.

“Jadi, ini semacam seleksi di regional menuju nasional. Rencananya, AAFI juga akan menyelenggarakan liga untuk kategori usia 13 tahun pada November atau Desember mendatang,” jelasnya.

Garay menjelaskan animo peserta untuk liga ini sangat besar, mengingat selama dua tahun ini tidak dapat diselenggarakan akibat pandemi Covid-19.

“Sejak 2019 liga tidak dapat diselenggarakan akibat pandemi. Kalau turnamen itu biasa dan waktunya hanya satu hari selesai. Liga itu kan selama sekitar dua bulan setiap pekan bertanding,” katanya.

Garay menambahkan, AAFI merupakan wadah atau komunitas futsal tingkat grassroot, yang bertujuan untuk melakukan pembinaan bagi para pemain futsal. Sebelum pandemi, AAFI rutin menggelar liga untuk kategori usia 8 tahun, 10 tahun, 13 tahun, dan 16 tahun.

“Harapannya melalui liga ini akan dapat mengembangkan bakat dan minat anak, mengisi waktu dengan kegiatan yang sifatnya positf, meraih prestasi dan menafaatkan jalur prestasi di pendidikan, hingga menjadi pemain futsal professional, mulai dari tingkat Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, bahkan Nasional,” ungkapnya.

Kegiatan Liga AAFI Regional Kota Depok 2021 ini dilaksanakan berkat kerja sama antara pengurus AAFI Kota Depok dengan pihak penyelenggara dari Alego Sport, yang memang mempunyai visi sama, yakni untuk mengembangkan pembinaan futsal sejak usia dini.

“Semua kegiatan Liga AAFI Regional Depok 2021 ini dapat dilihat langsung di website https://www.alegosport.com,” pungkasnya.


07-Oct-2021 21:52