Sebanyak 24 tim futsal dari 17 akademi yang berasal dari Jabodetabek mengikuti gelaran Liga AAFI (Asosiasi Akademi Futsal Indonesia) Kota Depok 2022. Liga AAFI Kota Depok 2022 ini digelar di Sekolah Islam Alam dan Sains Al Jannah, Jalan Jambore, No.4 Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis. Prosesi pembukaan yang dilaksanakan Minggu (21/8/2022) dihadiri Pembina AAFI Agus Salam, Ketua AAFI Kota Depok Iswandi Mulya Siregar, jajaran pengurus AAFI, Kepala Divisi Alam Sekolah Islam Alam dan Sains Al Jannah Ibnu Adha El Malik, Ketua Panitia Liga AAFI Kota Depok 2022 Wawan Hermawan, serta para pemain.

Ketua Panitia, Wawan Hermawan menuturkan Liga AAFI Kota Depok 2022 ini mempertandingkan kategori U 13 dan U 16. Pertandingan dilaksanakan selama 8 pekan setiap hari Minggu, sejak 21 Agustus hingga 9 Oktober 2022. 

"Alhamdulillah jumlah peserta Liga AAFI Kota Depok 2022 ini meningkat dengan tajam. Ada 24 tim yang ikut meramaikan," ujar Wawan. Lebih lanjut dikatakannya, Liga AAFI Kota Depok 2022 ini mengangkat tema Ready To The Next Level.

"Artinya pembinaan tidak hanya dari pemain, tapi juga dari pemilik akademi, pelatih, staf, dan semua komponen," tuturnya. Para juara Liga AAFI Kota Depok 2022 ini, lanjutnya, adalah tropi, jersey, bola, rompi, hingga sertifikat yang ditandatangi KONI dan dapat digunakan untuk jalur prestasi. "Alego Sport juga berkomitmen, teman-teman yang sudah berusia lebih dari 16 tahun akan diwadahi untuk bermain di Liga Nusantara dan Liga Futsal Profesional Indonesia," katanya. Wawan juga berpesan agar seluruh pemain menjunjung tinggi sportivitas. Jangan jadikan lawan sebagai musuh, namun jadikan lawan bertanding untuk meningkatkan kemampuan. "Jaga keselamatan dan kesehatan sampai Liga AAFI Kota Depok 2022 selesai," pungkasnya.

Ketua AAFI Kota Depok, Iswandi Mulya Siregar menuturkan tidak ingin peserta yang datang hanya untuk menendang bola, tapi banyak pelajaran yang bisa dipetik dari gelaran Liga AAFI Kota Depok 2022. "Pelajaran yang bisa diambil mulai dari disiplin, tanggung jawab, berkarakter, menghargai orang lain yang ada di sekitar, mulai dari panitia, penonoton, wasit, ofisial tim," tuturnya. "Ikuti pertandingan hingga selesai. Jaga fasilitas yang ada. Kalau tidak ada tulisan dilarang masuk, silakan dipergunakan untuk istirahat. Selamat bertanding junjung sportivitas. Kamu datang bukan untuk juara, tapi untuk berproses menjadi pemain profesional dan timnas Indonesia," imbuhnya. Sementara, Kepala Divisi Alam Sekolah Islam Alam dan Sains Al Jannah, Ibnu Adha El Malik mengutarakan sekolahnya sangat mendukung aktivitas lomba atau kompetisi untuk memberikan pembinaan dan bermanfaat untuk orang banyak.

"Alhamdulillah kita terpilih sebagai tempat penyelenggaraan. Di sini kita ada dua lapangan futsal yang insya Allah bisa dipergunakan untuk pertandingan," ungkapnya. Ibnu mengatakan Sekolah Islam Alam dan Sains Al Jannah mensupport kegiatan olahraga karena olahraga memberikan perkembangan yang sangat positif terhadap anak. "Sekolah Al Jannah rutin mengikuti berbagai berbagai kompetisi, turnamen, atau Liga di luar dan kami melihat peningkatan luar biasa untuk anak kami. Insya Allah tahun ini juga akan dibangun lapangan futsal untuk SMA Al Jannah, sehingga setiap unit memiliki lapangan dan dapat digunakan untuk aktivitas lain," tandasnya.

24-Aug-2022 14:24