Alego Sport bekerjasama dengan Topscore menghadirkan turnamen futsal antar pelajar SMA sederajat se Jabodetabek di GOR Ciracas, Senin-Kamis (21-25/8/2023).

Ketua Panitia, Wawan Hermawan menuturkan Turnamen bertajuk Aletops Futsal Championship dengan motto Turnamen SMA Rasa Liga Pro ini diikuti sebanyak 24 tim, dengan total hadiah uang pembinaan senilai Rp 10 juta. 

"Secara rinci tim yang menjadi Juara 1 mendapatkan uang pembinaan Rp5 juta, piala bergilir, piala tetap, medali, sertifikat, sponsor berupa voucher Rp15 juta, Juara 2 Rp3 juta piala dan sertifikat, Juara 3 Rp1.250.000 piala dan sertifikat, serta Juara 4 Rp 750.000 piala dan sertifikat," ungkap Wawan.

Selain itu, sejumlah penghargaan individu juga diberikan, yakni pencetak gol terbanyak, pemain terbaik, kiper terbaik, pelatih terbaik, hingga suporter terbaik.

Lebih lanjut dijelaskannya, 24 tim peserta turnamen dibagi menjadi 8 grup dengan masing-masing grup terdiri dari 3 tim. Setiap tim yang menjadi juara akan masuk ke fase knockout 8 besar, berlanjut semifinal dan final.

"Hari 1, 2, dan 3 merupakan babak penyisihan. Masih di hari ke 3, siangnya adalah babak 8 besar. Sedangkan hari ke empat semifinal dan final," tuturnya.

Pembukaan turnamen ini berlangsung semarak karena menghadirkan marchingband dari salah satu sekolah SMA, yang menampilkan berbagai atraksi di lapangan. 

Turnamen ini merupakan gebrakan bagi Alego setelah sukses dalam penyelenggaraan turnamen futsal di usia pembinaan 8, 10, 13, hingga 16 tahun.

"Melalui turnamen ini, kami ingin memberikan pengalaman kepada para peserta bagaimana merasakan atmosfir pertandingan seperti liga pro," katanya. 

"Sejumlah infrastruktur dengan standar Liga Pro kami siapkan, mulai dari lapangan dengan luas berstandar nasional, alas interlock, wasit sebanyak 3 orang dan telah mengantongi lisensi," paparnya.

"Selain itu, kami juga menggunakan teknologi video sistem seperti VAR. Jadi, jika ada keputusan wasit yang dianggap meragukan, tim bisa mengajukan cek video ke wasit. Sampai saat berita ini dinaikan, Teknologi ini 3 kali sudah digunakan dan ternyata setelah dicek semua keputusan wasit sudah benar," imbuhnya. 


Berikut hasil kejuaran dari Aletops Futsal Champhionship 2023 diantaranya :

  1. Juara 1 SMAN 1 Parung Bogor
  2. Juara 2 SMK Putra Bangsa Depok
  3. Juara 3 SMA Sejahtera 1 Depok
  4. Juara 4 SMAN 3 Depok
27-Aug-2023 21:48